PANCASILA DI ANTARA SI KEMBAR IDENTIK

 

POSISI PANCASILA DI ANTARA SI KEMBAR IDENTIK 
KAPITALISME & KOMUNISME


Komunisme digambarkan sebagai musuh abadi kapitalisme. Komunisme dianggap sebagai antitesis kapitalisme. Apakah benar demikian?

Komunis bukanlah antitesis kapitalis, namun sintesis. Percampuran yang selaras. Bahwa antara kapitalis dan komunis itu serupa tapi tak sama. Berbeda-beda rupa tetaplah sama. Mereka itu kembar identik.

Modus keduanya serupa, contohnya, mencari bahan baku semurah-murahnya, dan mengurai pasar seluas-luasnya, Hanya pola keduanya yang tak sama. Jika tujuan penguasaan dan pengendalian dari Kapitalis adalah modal alias kapital oleh segelintir elit swasta, sedangkan Komunisme dikendalikan oleh segelintir elit negara. 

Sekali lagi, serupa tapi tak sama. Bahkan ada anekdot yang mengatakan, bahwa Komunisme itu adalah Kapitalis plat Merah

Monopoli Kapitalis itu modal atau Kapital, sedangkan monopoli Komunisme ialah massa atau rakyat. Sama, hanya beda pola.

Tatkala Tiongkok menerapkan " ONE COUNTRY TWO SYSTEM", yaitu sistem negara yang mengelaborasi antara Komunis dan Kapitalis dalam Satu Tarikan Napas, maka hasilnya sungguh dahsyat. Massa atau Rakyat dikendalikan, Modal juga dalam genggaman.

Kedalam menerpakan cara-cara Komunisme, Keluar menggunakan pola dan modus Kapitalisme, yakni mencari bahan baku semurah-murahnya, mengurai pasar seluas-luasnya. 

Begitu para Elit Berkuasa. 
baik Komunis maupun Kapitalis, semua dibawah kendali segelintir Elit.


#Rabbit Hole



 
Semoga Bermanfaat

Salam, 
Debu Bayangan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Servomechanism, Penyebab Keberuntungan atau Kesialan Seseorang

Disclaimer Notice

Bargh Hallway Theory