DUNIA TAMBANG iNDONESIA

DUNIA TAMBANG INDONESIA

 ( Dalam bidikan )


Sekira tahun 2010an sahabat saya, Pengusaha Indonesia berkunjung ke Negeri Tirai Bambu atas undangan Pengusaha Tiongkok. Selama beberapa hari di negeri itu, sahabat saya diajak berkeliling ke berbagai Pusat Industri di negara itu.

Somewhere in the country, 

Ada Supermarket Tambang, sahabat saya memberi istilah, disana sample tambang dari seluruh wilayah Indonesia dijajar dalam ruang-ruang kecil berukuran 2x3 meter, tiap sample menempati satu ruang, dengan stock sekira 5 Metrik Tons per ruang.

Misal, ada pengusaha yang berminat secara visual sample A, material tambang dari Indonesia, pengusaha itu bisa membeli beberapa kilogram untuk di uji laboratoriumkan, selanjutnya kalau pengusaha tersebut berminat serius, bisa menghubungi Supermarket itu, tentunya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku di Supermarket itu.

Pihak Supermarket sudah memiliki data lengkap sample material tersebut, termasuk koordinat lokasi dan Pengusaha Lokalnya. 

Another place still in the country, 

Ada suatu tempat yang sangat luas yang berisi tumpukan Row Material Tambang ( Tambang Mentah ) dari berbagai tempat di Asia dan Afrika, hingga membentuk bukit-bukit kecil.

Ketika Pengusaha Indonesia bertanya pada rekannya Pengusaha Tiongkok yang mengundangnya, untuk apa menumpuk stock material begitu banyaknya, apa mampu industri negeri itu menyerap dalam waktu satu tahun? ... , Jawabnya, tempat itu di design untuk menampung cadangan Row Material Gread A, sampai 20 tahun kedepan. Adalagi satu tempat dengan Luas yang hampir sama untuk menampung Row Material Gread B, demikian juga untuk Gread C.

Hmmmm ....


#Ipoleksosbudhankam
#AncamanEkonomi


Salam, 
Debu dan Bayangan ...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Servomechanism, Penyebab Keberuntungan atau Kesialan Seseorang

Disclaimer Notice

Bargh Hallway Theory